Gak Perlu Panik, Ini Dia Cara Mengatasi Email di Hack

Gak Perlu Panik, Ini Dia Cara Mengatasi Email di Hack

Email kamu di hack orang yang tak bertanggung jawab? Berikut cara mengatasi email di hack yang perlu kamu tahu.

Email kini menjadi salah satu bagian yang paling penting di dalam kehidupan era digital seperti saat ini. Semuanya sudah tidak bisa dijauhkan dengan yang namanya email, termasuk pekerjaan. 

Sayangnya, sampai dengan saat ini masih sering muncul masalah email di hack oleh orang tidak bertanggung jawab. Tentu saja, dengan hal tersebut membuat pemilik email menjadi resah. 

Ulah yang dilakukan oleh hacker email menjadi salah satu ancaman di dunia digital seperti sekarang ini. Bahkan berdasarkan salah satu penelitian pada bulan Agustus 2018, terdapat 700 juta alamat email yang kata sandinya bocor ke publik. 

Akan tetapi, untuk masalah tersebut masih bisa diatasi dengan menggunakan beberapa cara. Maka dari itu, untuk kamu yang ingin tahu lebih banyak mengenai cara mengatasi email di hack bisa simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. 

Kumpulan Cara Mengatasi Email di Hack 

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa email di hack oleh orang tidak bertanggung jawab memang membuat bingung dan resah. Apalagi, untuk email yang dipergunakan setiap hari pastinya banyak sekali macam-macam jenis surat atau dokumen penting di dalamnya. 

Saat ini di beberapa halaman internet yang memberikan informasi mengenai cara untuk mengatasi email di hack oleh orang tidak bertanggung jawab. Akan tetapi, terkadang semua cara yang disebutkan tidak bisa memberikan hasil terbaik. Untuk 5 cara mengatasi email di hack paling mudah adalah: 

  1. Mengganti Password Secara Berkala 

Ketika email sudah terkena hack, maka pastikan kamu tetap masih bisa melakukan login dengan menggunakan username dan password. Ketika masih bisa melakukan login, untuk cara mengatasi email di hack adalah mengganti password secepat mungkin. 

Sedangkan, untuk akun email yang sudah dibajak oleh orang lain ada tulisan “your password has been changed”. Ketika muncul tulisan tersebut, kamu bisa langsung saja memilih kolom dengan tulisan “no change password”. 

Pihak layanan email langsung mengarahkan kamu ke halaman bantuan untuk melakukan proses verifikasi menggunakan nomor ponsel. Akan tetapi, untuk password dan nomor ponsel yang sudah diubah oleh hacker masih terdapat cara lain bisa digunakan. 

Kamu bisa mendapatkan akun email kembali dengan melakukan verifikasi identitas di dalam menu “verify your identity”. Di dalam halaman tersebut, kamu akan diberikan pertanyaan mengenai kapan waktu terakhir untuk melakukan login dan membuat akun. 

Semua jawaban yang kamu berikan sudah langsung terekam oleh pihak akun penyedia email. Sedangkan untuk jawaban yang kamu berikan sudah sesuai, maka kamu bisa membuat password yang baru. Ketika jawaban yang kamu berikan tidak sesuai, maka untuk pihak layanan email langsung memberikan informasi ketika kamu cocokan. 

  1. Menggunakan Password yang Kuat 

Menggunakan password yang kuat menjadi cara mengatasi email di hack paling mudah. Sayangnya, sampai dengan saat ini masih banyak dari para pemilik akun email yang menganggap hal tersebut sepele.

Padahal pada kenyataannya membuat password yang kuat rumit menjadi salah satu hal sangat penting dibandingkan lainnya. Jangan sampai password baru yang kamu gunakan mempunyai keterkaitan dengan yang sebelumnya. 

Setidaknya kamu bisa menggunakan delapan karakter huruf besar maupun kecil. Tidak ada salahnya kamu juga menggunakan beberapa simbol maupun angka. Ketika hacker telah mengubah kata sandi, kamu perlu melakukan perubahan dengan memberikan klik tautan pada kolom “lupa kata sandi”. 

Satu hal yang harus diingat pada cara mengatasi email di hack kali ini adalah jangan pernah mencatat password di salah satu aplikasi. Dengan melakukan hal tersebut sangat rentan sekali hacker bisa menebak password yang sudah kamu uubah. 

  1. Mengubah Pertanyaan Keamanan 

Pada saat kamu membuat email, pasti diberikan beberapa pertanyaan yang dijadikan sebagai alat keamanan. Akan tetapi, dengan pertanyaan tersebut juga bisa dijadikan alat untuk mengatasi email yang di hack

Pilih juga salah satu jenis pertanyaan yang menurut kamu mempunyai tingkat keamanan tinggi. Selain itu, untuk semua jawaban dari pertanyaan tersebut harus diingat supaya bisa mempermudah pada saat email di hack oleh orang tidak bertanggung jawab. 

Tidak ada salahnya juga kamu memilih satu jenis pertanyaan yang membutuhkan jawaban tersulit. Sehingga, dengan hal tersebut bisa mempersulit para hacker yang ingin membobol akun email kamu. 

  1. Memeriksa Pada Pengaturan Email 

Hacker yang sudah berhasil merental akun email, pasti akan melakukan pengubahan pengaturan. Sehingga, pihak hacker juga bisa menerima setiap akun yang diretas secara otomatis dari perangkat lainnya. 

Lebih parahnya lagi para hacker tidak hanya memantau aktivitas kamu saja. Akan tetapi, hacker juga bisa mempelajari semua preferensi yang ada di dalam email tersebut. Maka dari itu, kamu harus sering-sering melakukan pemeriksaan pengaturan penerusan email pada akun. 

Selain itu, kamu juga harus memastikan tidak ada alamat email yang ditambahkan di dalam akun tersebut. Jangan lupa juga memeriksa signature email guna memastikan tidak ada spam yang masuk. 

Nah, itulah dia kumpulan cara mengatasi email di hack yang bisa kamu lakukan. Pilih saja salah satu cara yang menurut kamu paling mudah dan tidak ribet. Selamat mencoba dan semoga berhasil. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*